Repair Factory Test Mode Haier c700

Ada hp haier c700 yang selalu menampilkan tulisan “Factory Test Mode”. setelah di googling2 ternyata ini memang penyakit yg sudah banyak terjadi.

baiklah cara memperbaikinya adalah:

software2 yg di butuhkan:

  1. driver smart c700
  2. QPST
  3. file original  c700.qcn
  4. file oringinal roxio file (update) roxio (terimakasih pada AbuAzam atas masukannya, sekarang opera mini nya sudah tidak melakukan ‘pemakaian bersama’.opera mini dipakai buat FB an pun aman )

caranya:

  1. install driver smart c700 nya, ini supaya komputer bisa mengenali port usb yang dipakai sebagai koneksi ke si c700 ini
  2. colok hp smart pake kabel datanya dan biarkan si komputer mengenali nya.
  3. install QPST
  4. setting QPST, masuk ke QPST configuration, masuk ke tab port. pilih add connection, yg usb
  5. kemudian restore file. pada bagian menu atas pilih Start Clients >> SOFTWARE DOWNLOAD
  6. pilih tab restore. browse ke file c700.qcn. tekan start
  7. saat restore selesai anda akan melihat mode FTM tadi berubah menjadi sedang mencharger handphone
  8. Perbaiki Opera Mini. sampai saat ini opera mini tidak berpungsi. untuk itu kita harus mengganti semua file yang berada di folder/brew/mod/reksio
  9. buka program EFS Explorer. buka folder roxio dan masukan semua file yg ada didalam original roxio yg telah di download.  file2 ini harus dimasukan satu persatu (klik kanan, pilih add folder atau add file).
  10. jika sudah. tutup semua aplikasi QPST

Note: saya menggulang pemasukan  file2 roxio, file2 roxio yang awal saya masukan bukanlah file roxio yg “original” yaitu mengambil file folder roxio dari handphone orang lain yg opera mini nya telah dipakai.  hal ini berakibat jika menggunakan operamini akan muncul email2 lain pada aplikasi opera mini. jadi gunakan file2 roxio yg “original”

ternyata memang tidak bisa menggunakan sembarang file. opera mini tetap dapat dipakai tetapi tetap mengalami  pemakaian “bersama”

untuk keamanan, tidak disaran kan menggunakan opera mini yg telah mengalami FTM pada situs2 yg membutuhkan login / user

[8 june 2010]

setelah melakukan penghapusan pada bagian cookie (lihat komentar abuazam) operamini ini di test selama seminggu untuk membuka FB dan saya tidak mendapatkan account oranglain yg terbuka… jadi opera mini cukup aman :D

thanks to AbuAzam

Ok hp haier c700 telah kembali Normal

177 thoughts on “Repair Factory Test Mode Haier c700

    • iyak, saya pernah membuka FB pake hp ini dan langsung membuka account FB orang,
      minimal sih email kita terlihat oleh orang yg juga memakai file roxio itu

      saya sangat tidak menyarankan untuk memperbaiki opera mini yg sudah ‘rusak’ itu,
      berbahaya jika operamini nya dipakai untuk web yg perlu login (Facebook.com, mail.yahoo.com, mail.google.com)

  1. Saya telah edit file “reksio.ini” dengan menghapus client seperti di bawah ini dan berhasil menghilangkan pemakaian bersama opera mini pada HP Haier c700.
    selamat mencoba

    [User Prefs]
    ShowClr=TRUE
    Home URL=reksio:homepage
    HomePage History Count=3
    HomePage Bookmarks Count=-1
    Language File=lang_en-gb.lng

    [MiniServer]
    BrandServer=teleepochbrew
    DefaultServerType=Socket

    [General]
    DefaultFont=0
    Landscape=5
    Clock24=TRUE
    DirectDownload=TRUE
    SavedPages Count=-1
    SavedPagesSize Count=-1
    Current SavedPagesSize=24704
    FullscreenMode=TRUE
    MaxResWithHiddenNumbers=200
    Eula=TRUE
    SearchEngine=http://www.google.com/xhtml?client=ms-opera_mb_no&channel=bh&q=%s&hl=en
    RenderMode=53
    Images=4
    ImagesOn=1

    [Splash]
    Time=5000
    PngFile=splash.png

    [Cookies]
    hapus >>Client=a30c7f10e8f8a4ed831bc5b5b121606e697ce7b558cbad73479b7f7149533ef7
    Host=r13-16<<

    [Data traffic]
    total=45941928

    [Encryption]
    PublicKey=d6yW4nbYFAOr0W2TGo/nMh3tdFPwU3jn+msix9pYQCJ0v7YM+Fs3CEuUNjo2yzYyhqOkiX1+zuWmQ4VD1XT9yRsuDHuQ30bccEwUoMducOpO6q30efIJcv2LiYF8MtJXaaEgsq3PTmA+FoS801gaWu5yv2rMXa4Wojqz3uDNFAc=
    Signature=mP962yD942hRdOXnG/Py8In7HZHZuGeAEVjOm+AhdLtGpfSrfMB1/tB+dz3/nvCwXp6ZTKDXL28kRQTzyWS6+3xOgIL6aRb05MdD+92qhjtERWJTpzCBwIkWYSWGrsYdtr5WEBpsBclz0EQ65QBSiKvpK9nYhMAmyWHFInjDYmjzIGeAllRAH+9AGX0KJ7ODVNCN+cRd+KeKymXHTUy/MA==
    Cookie=/x2dgZBU/Yda8vFSnADFXy0k+SEixrPkuryq6Y9M+udzW8tV
    Salt=tYEW1MOeEZU=
    ExpirePublicKey1=687931392
    ExpirePublicKey2=-1157967103

  2. om caranya mengembalikan opera mini yang hilang bagaimana?
    (setelah mengikuti langkah2 ftm dari om, opera saya hilang)
    terimakasih sebelum dan sesudahnya

  3. maaf nih saya mo nanya.
    gimana ya caranya memperbarui/install opera mini versi terbaru di C700?
    saya cari2 di gugel kok ga ada opera mini untuk brew.

    thanks

    • hm.. kalo c700 itu kan pake opera mini yang versi native,
      saya juga gak nemu file nya tuh

      kalo ketemu kasih tau yak

  4. Ma kasi banget pak…. ane uda sebulan mikirin tu HP. kt orang tukang service harus kepabrik haier nya… eee ternyata iseng-iseng browsing ketemu blog bapak… makasi sekali lagi pak… moga amal bapak dilipat gandakan pahalanya…..

  5. terimakasih banget gan, sumpah tulisan anda sangat membantu saya, setelah muter2 cri tukang serpis, sebenernya seh masioh garansi soalnya baru beli 1 mingguan, saya hampir putus asa karena ini dah ke 3 kalinya hp saya rusak, dr yg haier 1200 usb nya g kedetek, trs beli lg c700, setelah 3 bln langsung matot n aq garansikan namun katane mesti nunggu 3 bulan bru kelar, itu pun jg blm jelas kabarnya, aq putusin buat beli lg yg c700 lha baru 1 minggu layarnya tinggal sepertiga :S, googling ke sana kemari n alhamdulillah ketemu artikel anda…

    beribu kata terima kasih saya ucapkan, semoga Tuhan membalas nya …

    thnks bngt pokoknya..

    salam

  6. MATUR SUWUUUUN MAS .
    HP-ku smart c700 sudah 4 bulan opera mininya ngadat ,selalu tampilan layarnya biru , muncul tulisan :bufer……. (nggak hafal terusannya) lalu HP-nya mati . Baru hidup kalau baterainya dilepas. Browsing sana-sini baru ketemu dan langsung praktek. Buka EFS EXPLORER – hapus semua file di folder roxio – gantikan yang baru – jreng jreng operamini bisa digunakan lagi. sekali lagi MATUR SUWUUUUUUUUUUUUUN.
    NB: bisa nggak haier d1200p dimasuki file/folder roxio ? biar bisa operamini.

    • Sukurlah kalo C700 nya dah sembuh xixixi..
      mengenai D1200P gak bisa saya cobain, soalnya hp saya yg itu ilang hehehe
      kalo emang si D1200P bisa pake OperaMini tolong di posting yak mas

  7. nice info,kalo repair opmin nya smart zte c261 gmana bro..punya saya sering dload mode..tombol navigasi clear hilang berganti jadi tombol cancel sewaktu mau nulis text pada browser..thankz.

  8. tq atas saranya stelah ku coba ternyata berhasil kini hp smart zte c261 ku ,ternyata bisa di pakai lagi. semoga tuhan membalas amal ibadah nya, amien

  9. mas kalo ganti wallpapernya bgmn sebab ada yg bs jg ada yg gak bisa sama sekali.tolong pencerahannya krm ke email ya mas

    • bisa,asal pake micro sd sob,,setelah itu download wallpaper dari opera mini dan tinggal cari filenya lalu atur jadi wallpaper,,

  10. terima kasih atas ilmunya, tmn sy pernah brmasalah sperti itu dan kena 50rb untuk servis (walau msh garansi) itu pun hrs menunggu waktu brbulan bulan dan katanya mainboardnya hrs diganti..

  11. punya saya udah di servis eh ternyata opeera mini belum bisa..saya nyoba saran anda ini tapi di addnewreport koq ga da COM4 kyak punya anda..cma ada com3. terus apa yg slah kira2..terima ksaih sebelumnya…

    • apakah driver untuk c700 sudah terinstall di pc ?
      jika sudah seharusnya dia bisa mengenali port nya usb (USB/QC Diagnostic)
      atau lebih baik cari komputer lain yang bisa membaca port usb nya

  12. bro operamini smat haier c700 koq ga bsa nyimpen history? trus klo ngisi alamat/nulis sesuatu di enter text ga bisa dihapus. tiap kali masuk opmin juga harus instal ulang. tolong beri saya petunjuk bro. . .

  13. hhaaaa …..
    komplet dah …., thanks all especially for G3n1k
    gara-gara beliaunya aku jadi kayak tukang service nih …
    bisa mbetulin hp sendiri (asal tau, ada temen yang case sama diservicin baru kelar 4 bulan brroooo …. )

      • tanya donk,…
        hp c700 koq gk bisa ya d pasang perdana smartfreen
        selalu ada tulisan “MASUKAN RUIM” “RUIM DITOLAK”
        itu kenapa ya boz,….

      • c700 memakai kartu smart, sementara smartfren berbeda, saya juga sudah mencoba dan tidak bisa, kalo punya c700 hati2 sama kartu UIM nya kalo hilang/rusak bisa2 si c700 gak bisa di pakai lagi, karena tidak ada/ susah mencari UIM jenis ini

  14. okkkkeeeee…!!!!!
    manteb ni g3n1k….
    thanks beratt…
    hp c700 gw udah normal lg…
    ada lg gak buat betulin hp lain …????
    mohon bimbingan’a….
    bales k email aj…
    thx brooo…
    ^^

  15. owh…
    okkeee deh…
    tapi payah ni…
    hp gw skrank malah gak bisa nyala…
    malah mati skrank….
    ad tips buat install software’a kga.????

  16. gan..
    klo mau di restore trus di tab error koq tulisannya gni
    “SPC given could not unlock the phone. The phone will not respond for 10 seconds.”

    gmn solusinya gan…???
    thanks :))

  17. boss abz ngikut ptunjukny Ftm brez n handphone bisa normal kmbali tp syang cm tahan 1 hari.. stlah it handphone ga bsa di pake buat telp atw sms ap lgi browsing,, kira” ad yg pnya solusi ga nich…
    please tlongin ya…
    Trim’s :D

  18. QPST nya udh di install tp koq gak bisa dibuka ya?
    jadinya malah RF NV Manager. Itu sama gak sm QPST?
    Mohon pencerahannya..

    • setelah install QPST, tapi jangan jalankan dulu QPST
      pasang dulu kabel+haier c700 nya ke komputer

      setelah haier terpasang masuk ke bagian konfigurasi terlebih dahulu,
      Start -> QPST -> QPST Configuration
      (saya agak lupa, tapi intinya configurasi lebih dahulu)

      konfigurasi berhasil dengan tanda ditemukannya port USB yang digunakan haierC700 (lihat gambar)
      lalu klik OK

      masih pada QPST Configuration
      pilih menu Start Clients -> SOFTWARE DOWNLOAD

      lanjut ke step 6 :D

  19. opminku muncul tulisan buffer trus hp langsung mati..
    aku dah coba langkah di atas (langkah ke 9).. Alhamdulillah jadi, tp cm 1hr.. trus kumat lagi..
    Aku coba lagi langkah ke 9 tadi sampe 5 kali tp tetep aja muncul tulisan buffernya.. kenapa ya bos?
    tolong di bantu yaaak..
    thanks sebelumnya.

  20. Mas, ada masalah ni… pas mau benerin Opera MIninya nya,..
    Port udah tersambung,.. trus pas mau mulai EFS Explorer, komputer mencoba membaca sistem ( file /brew/mod/reksio ) di HP,.. tapi selalu saat proses itu berlangsung tiba2 HP langsung mati,..
    Begitu terus……. gimana dong?
    udah coba berkali2… gagal mulu
    need solution,..

    • gak harus COM 4, yang penting sih

      ada tulisan “USB/QC Diagnostic” yang berarti kabel port nya terdeteksi dari USB (dari HP Haier c700)

      kalo tidak ada tulisan itu, mungkin kabel USB belum terdeteksi

      hm… jika belum bisa dapat tulisan “USB/QC …” coba ganti dengan komputer lain atau kabel data yang lain :D

  21. matur nuwun sanget juragan!!! bener2 berhasil….
    padahal baru aja nanya kl flash di tempat reparasi minta 50 ribu 1 HP.

    makasih ya….. semoga tambah sukses…

  22. gan yang saya tanyain cara mindahin file dalam folder roxio ke dalam folder roxio yang di handphone ,kan disitu ga ada copy paste,,,,

  23. duh juragan g3n1k, sebelum ketemu blog ini, OMnya connection error mulu (tapi tidak ngehang), direstart sama aja, trus googling ketemu deh & sudah saya ikuti cara juragan dari awal sampai akhir. & sudah saya ulangi 2x tapi OM di hp saya malah ngehang begitu masuk…tapi buat sms telpon bisa…mohon penjelasan secepatnya…terima kasih

  24. gan, kasus hp c700 saya sama dengan “mumet” knp ya kira2 gan? tp saya blum program ulang, apa kira2 emang harus di program ulang sprt diatas, rkn saya takut ntar malah hpnya jadi rusak, maklum saya org baru, apa emang OM nya yang trobel ato dari kartunya. trims

  25. gan, please kenpa y hp c700 aku mati total,driver dari om g3n1k dah diinstal,tp tetap ja g tw masuk ke COM brp USB c700 nya, trus pc mnta driver QHSUSB_DLOAD nya, tlong tuk pencerahannya,
    sblmnya thanx dan salm y para untuk master2 gan semuanya.???

  26. Untuk HP SmartFren Chitchat Haier C710 apa bisa dengan cara ini? OM sering error jg “Mode download bla..bla..bla..” tp setelah di reset ke pengaturan awal jadi normal lagi, trus kadang error lagi…

  27. infonya sngat bermanfaat gan.. btw, mohon bantuanya gan, hp c700 sy ga bisa nyala tiap dinyalain kluar logo lalu kluar kotak biru ada tulisan mfm_obj_mnt000812 lgsung mati lg, pake qpst di port ke-detek sih phone Q/QCP-XXX(download), tpi statusnya download mode. jdi sy ga bisa explore maupun restore. masalah berawal ktika sy browsing pake opmin ktiduran n lupa matiin, pagi2 dah kaya gitu.
    pliz help me gan..
    trimakasih.

  28. Ruarrrrrrrrrrr biasa..
    Biarpun lelah download 3 file (yang driver udah ada) via semar c700 punya teman, eksekusi di jendela windows, kopi file satu-satu, tapi hasilnya HP ku kembali normal.
    Openingnya “Semoga Berhasil” dan ada pula game baru yaitu tetris (Russian Block), Opera Mini jelas jalan, FB belum login, history gak masalah, ganti wallpaper via mmc (4 GB), mp3 masing nyaring, pokona mah
    Hatur nuhun alias Terimakasih sob atas ilmunya…

  29. om, hp haier c700 saya kog gak bisa nyala, cuma menampilkan tulisan smart,, trus opera mini sebelumnya juga ak kena dibuka, gimana ya caranya supaya c700 saya bisa berfungsi normal kembali? mohon solusinya. terima kasih

  30. Oalah ada caranya to,.. kemaren terlanjur dimasukkin ke counter hp,.. bayar 40ribuan deh, itupun opera mininya masih ga bisa digunakan

  31. maaf mas mau tanya,,
    cara2 diatas sudah saya ikuti, tapi begitu masuk QPST configuration hp c700 saya tidak terdeteksi. gmna tu???
    mohon pencerahannya ya….

  32. maaf mas, mau tanya.
    saya uda ngikutin langkah2 di atas, uda saya instal driver n softwer QPST. tapi begitu hp’a saya koneksikan dng kabelnya k komputer ko’ ga’ terdeteksi ya???
    mohon bantuannya ya…

  33. makasih pak

    it works for me

    saya 3 hari ini hp tidak kepakai gara2 factory test mode
    saya nemu ini
    dan dari tadi saya prekatekan dan alhamdulillah berhasil

    terima kasih

  34. maaf nanya lagi gan, waktu mau restore file c700.qcn- nya ga bisa gan.. yg muncul malah tulisan ginian : “port does not contain a phone in diagnostic mode”
    padahal di portnya dah kedetek, tapi statusnya download mode….
    help me gan…..

  35. Gan, q dah nge flash pake qpst 3x dan berhasil dan hpq eror lagi kemudian aq flash yang ke 4x nya gak bisa diriset lg,,apakah punya solusi lain..

  36. gan q dah pernah ngeflash 3x berhasil n hp c700 eror lagi terus tak flash lagi gak mau,,kondisinya factory test mode terus setelah aq flash,,ada solusi lain gan?

  37. karna c700 sya ga bisa di restore file pake qpst, akhirnya sy bwa ke servis center, skarang dah normal bayar 40rb rupiah. katanya kerusakn software, jdi utk agan2 smua apabila kerusakanya bukan ftm. pake cara2 diatas ga akan berhasil, jdi jgn menyalahkan penulisnya.. hehe.. cara2 diatas sudah sangat lengkap dan ampuh utk perbaikan ftm.

  38. matur kusuwun ingkang katah kalih mas** kabeh….
    semoga saja segala amal dan riqinya di limpahkan slalu…
    berkat anda hp saya sudah normal lagi…
    tadinya saya sudah servis ke counter tapi malahan opmin gak bisa di buka …..
    berkat ilmu anda hp saya tertolong…
    ucap trima kasih saya takkan cukup mewakili rasa trima kasih saya kepada anda** semua… salam kenal (satya_tegal)

  39. terima kasih G3nik atas nasihat dan softwarenya sehingga hp smatc700 milik saya baru saja dapat digunakan kembali yang semula kena ftm, semoga rejekinya melimpah ruah. amiin

    cak mes malang uniga

  40. sob mau nanya neh … setiap nyalain compi ko mous ga mau gerak ? tapi klo mous di cabut terus di colokin lagi baru bisa gerak ,kenapa ya… tolong dong

  41. mau tanya mas HP saya Setelah di start pada langkah ke 6, udah di start…
    tapi masih tetep aja FTM…
    ini gimana caranya???

    Trus, pas lihat di /brew/mod/ itu gk ada filenya sama sekali…
    alias kosong…
    semua foldernya gk ada…

    tolong pencerahannya mas.. terimaksih

  42. bro gue mau nanya nih…
    gue punya haier c710 smartfren.
    tadinya cuma muncul logo smartfren
    setelah ikuti step di atas hp bisa nyala.
    tapi yang jadi masalah opmin nya jadi gak bisa di buka
    file reksio sudah dimasukin semua
    tolong pencerahannya bro.. thanks

  43. mau tanya. kalau cara ngeformat mmory telpon di hp smart hair c700 gimana???
    soalnya di pengaturannya gak ada…
    mhon di jwb…

  44. thanks sob tutornya, operaku hilang n pake caramu bisa balik lagi… namun setelah beberapa minggu tuh hp matot, c700 q eror ane matiin aja eh mau dinyalain tuh hp gk nyala lagi d kompi gk kedetek juga, emang batrainya udah ane ganti pake batrai nokia coz yg aslinya dah buncit tapi selama ini baik2 saja, karena mati ya ane lepas tuh batrai tapi malah jadi buncit tuh batrai, ane coba pake batrai asli yg dah buncit d nyalain tapi nyala bentar terus nyala sepotong (logo smartnya sepotong kalo awal d nyalain yg warna pink itu) terus mati lagi, begitupun kalo gk pake batrai langsung ke stop kontak juga cuma nyala sepotong bentar terus mati lagi, kenapa ya sob? solusinya gimana

  45. Agan, haier c700 ku dihidupkan keluar logo setengah sebentar, kemudian mati. Itu knapa ya?
    Trus mw aku flash pake qpst gak ke detect port nya. Kompinya mnt driver QHSUSB_DLOAD.
    Tlg dibantu ya Gan.

  46. kalo buat C710 yang layarnya cuman warna merah dan tulisan smartfren saat dihidupkan dan nggak loading loading bagaimana caranya booss, mohon pembelajarannya ,thank’s

  47. kok setelah ane restore sama saya ganti file di roxinya, masih tetep keluar pesan buffer lalu mati dengan sendirinya ya???
    mohon pencerahannya para suhu :sexhand

  48. Mf mas ……..kalau lagi Repair Factory Flash Hp C700 MMCnya dilepas ga??
    emmt HP saya sih bner cuma buat Call Cek Pulsa ga bisa…..buat sms jg ga bisa…..apakah Mas mempunyai solusinya???
    mksih sebelumnya…..

  49. thank;s bos c700 ku sebelumnya keluar mmc.bal..bla.. langsung mati. pake memory debug, reset ahirnya sembuh. jadi bukan hanya kerusakan ftm saja yang bisa diatasi pake qpst.

  50. mas bro,ane mw tanya,ane dah ngikutin smua dr no 1-8 udah paham,tapi yg nomer 9 ane kurang paham.
    tolong bisa di perinci?

  51. Pingback: ~ask~ Smart c700 blue screen » DEWIKU.INFO

  52. Ifin
    Jul 28, 2011 @ 23:40:19
    Agan, haier c700 ku dihidupkan keluar logo setengah sebentar, kemudian mati. Itu knapa ya?
    Trus mw aku flash pake qpst gak ke detect port nya. Kompinya mnt driver QHSUSB_DLOAD.
    Tlg dibantu ya Gan

    antoy27
    Jan 17, 2011 @ 04:14:49

    gan, please kenpa y hp c700 aku mati total,driver dari om g3n1k dah diinstal,tp
    tetap ja g tw masuk ke COM brp USB c700 nya, trus pc mnta driver QHSUSB_DLOAD nya, tlong tuk pencerahannya,
    sblmnya thanx dan salm y para untuk master2 gan semuanya.???

    gak ada respon dari masternya :( kasian kaya aku :((

  53. wah, makasih banget bos, hp ku udah 1 th tak kepakai, sekarang bisa dipakai lagi nih, tengkiu….tengkiu….tengkiu……

    buat yg port4nya ndak ketemu (adanya port3 kan?) untuk mengetahui port hp haier yg aktif, buka aja control panel pada windows7, klik
    hardware and software, klik device manager, klik ports & lpt, lihat qualcom ada di port berapa? disitu tempatnya port hp anda, kembali pada pencarian port tanda centang dibawah dihapus maka akan terlihat port2 yg lain, klik aja port yg tadi ada di device manager

  54. Saya mengalami masalah seperti ini saat restore errors:

    “The ESN of the phone does not match the ESN of this file containing RF calibration data”

    bgmna mengatasinya? thx

  55. mas hp saya ceria tipe c9+, saya uda restore dan berhasil tapi kok sinyalnya hilang, saya juga coba ke hp ceria c9 dan hasilnya sama sinyalnya tidak terbaca

  56. nomor portnya tidak terdeteksi, cek di divice manager QHSUSB_DLOAD. udah coba di 3 komputer, drivernya jg udah terinstall. apakah harus pakai kabel data bawaan smartc700??

    yang gue rusak. gimana dong, mohn bantuannya siapapun…

Leave a Reply

