Resensi Open Source Pemikiran dan Perubahan pendidikan di Indonesia

Tahu perangkat lunak (software) Apache?, itu adalah salah satu hasil karya komunitas open source yang sangat luar biasa, Apache bahkan mendominasi dunia server. Open Source secara bahasa adalah kebebasan sumber. sumber yang dimaksud disini adalah source code pembentuknya, bebas dibaca, disebarluaskan, diubah, modifikasi dan didistribusi.

Open Source adalah komunitas orang banyak dari berbagai penjuru dunia. Kemampuan orang-orang yang berkecimpung disana tidaklah diragukan kualitasnya. karena kita telah melihat contoh nyata hasil-hasil pemikiran dan buah karya tangan mereka. FireFox, ia adalah browser yang luar biasa, sangat kaya dengan kemampuan dan fitur-fitur yang membuatnya mampu berintegrasi dengan sistem lain, contohnya: FireFox dapat digunakan untuk memasuki protokol ftp.

Kita tentu berfikir mereka, para pengembang open source itu sangat hebat, ya itu benar, mereka sangat hebat dan luar biasa. Setelah mengagumi mereka para kontributor OpenSource itu, marilah kita berfikir tentang kita, mahasiswa dinegeri yang konon bernama Indonesia. Mungkinkah kita memiliki kemampuan untuk melakukan kontribusi, berperan andil pada dunia melalui projek seperti ini?. Jawabannya adalah mungkin.

Saya teringat dengan tulisan pengarang pada sebuah buku programer bahasa java, bahwa tanpa budaya membaca yang tertanam baik, tidak akan ada budaya penulisan.

Pemrograman pun dapat dibaca, budaya membaca program kelas dunia menjadi terbuka dengan adanya gerakan open source.

Tapi seberapa kuat dorongan untuk melakukan pembacaan di Indonesia. Hampir tidak ada, dan tidak begitu dihargai. Berapa yang membuat resensi mengenai source code linux yang sangat terkenal.

Budaya membaca program kelas dunia seharusnya mulai digalakan.

Bila ditinjau ulang sejarah perkembangan komputasi dunia maka tidak lepas dari keluarnya source code sistem operasi UNIX diawal-awal sejarah komputasi.

Saat itu AT&T tidak diperkenankan berjualan sistem komputer secara langsung, AT&T membolehkan source code UNIX beredar, sehingga dikaji oleh para ahli dari seluruh dunia. Salah satu tokoh dari Australia menulis komentar mengenai SourceCode UNIX. lalu Bach menuliskan tentang arsitektur UNIX. Dalam dunia pendidikan yaitu Tanenbaum, membuat MINIX, yaitu tiruan UNIX secara mini.

MINIX lalu di oprek oleh Linus, tidak puas lalu berusaha membuat sendiri versi tiruan UNIX, versi tiruan ini kemudian menyebar serta diperbaiki oleh orang-orang dipenjuru dunia menjadi Linux yang handal dan ampuh, dan kemudian hampir seluruh kakas GNU dikompilasi untuk Linux.

Keberadaan resensi program besar untuk membantu pengajaran membaca program kelas dunia di Indonesia begitu diperlukan. Bagaimana sebenarnya Apache diprogram, MySQL, JBOS diprogram sebenarnya, sebenarnya-sebenarnya sebenarnya … seluruhnya sekarang telah tersedia untuk diresensi.

Karena kurangnya apresiasi program besar kelas dunia, maka para mahasiswa pun hanya terbiasa dengan program kecil. Sementara pemrograman level mikro pun belum tentu secara terdisiplin dilakukan.

Bila mahasiswa dan pengajar Indonesia tidak membiasakan lebih dahulu membaca program kelas dunia. Maka kita hanya akan berkutat dengan yang namanya hanya program boneka. Namun kita harus memulai lebih dahulu dengan program boneka sebelum sampai pada program raksasa.

Gundam Operating System ?
Gundam Operating System ?

Hanya disayangkan, di Indonesia jarang yang dapat lolos dari sekedar pembuatan boneka karena tidak ada pengajaran pembacaan program raksasa yang dibuat para programer kelas dunia. Semua memang membutuhkan kerja keras, namun hanya sedikit di Indonesia yang menghargai para pekerja keras ini.

disadur dari: Harianto, Bambang. Esensi-esensi bahasa pemrograman Java hal 295-296

Published by

G3n1k

just to remember what i had known :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s