disable SELinux (firewall), Fedora 10

karena ada beberapa perubahan setingan pada server file (Fedora 10), dan PC harus di restart supaya hasil konfigurasi nya terlihat

mulai dengan asiknya system -> logout -> restart

tetapi semua menjadi masalah saat webmin tidak bisa diakses melalui komputer lain

coba di ping, ternyata ternyata komputer file server ini tetap dikenali oleh jaringan

dengan memberikan jawaban ping

halah, apa yang jadi masalah

cek service webminnya service webminnya runing

apa SSL nya bermasalah, ah tidak service SSL nya hidup

buka webminnya di browser file server,  its ok bisa kok diakses diatas protokol https

hm…

kepikiran mungkin firewall nya

soalnya webmin ini cuma bisa diakses dari mesin itu sendiri, tetapi akses remote tidak bisa dilakukan

mumpung masih di mode GUI dan didepan komputer nya

oke langsung aja cek firewall nya System -> Firewall

masukan password root

oh ternyata . . .

service SAMBA ku belum di enable -> masalah berbeda

abis enable in samba, coba restart lagi. tetap aja webmin ga bisa di connect dari laptop Acer

ok, coba switch off firewall nya …

coba call remote lagi dari laptop Acer

ternyata its ok, server file bisa di call dari laptop Acer

so gw tarik kesimpulan Firewall gw bermasalah

ga pake firewall tapi bisa diremote,

tapi ga bakalan gw ambil pilihan itu, coz nanti server di acak2  ma orang2

kutak katik sono sini, nge google dari cina amerika jerman singapura indonesia

ga juga ngerti masalah nya

cape dech …

pusing gara2 kurang tidur enak tadi malem, akhirnya balik dulu ke BSD

magrib + males kalo kehabisan angkot, klo ngojek lumayan tuh duit bisa buat beli eskrim ato ayam tiren friedchicken kesukaan di prempatan viktor (parung-bsd-muncul-pamulang),

sampe BSD, niat mo tidur, tapi liat friends lagi pada game facebook, jadina ga bisa tidur

ok, ambil lagi laptop connect ke wirelles

nyalain pidgin, message ke om Ozzie yang kira2

“firewall file server bikin webmin ga bisa di call”

trus om Ozzie tanya yg kira2 begini

“waktu Fedora 10 di install apakah SELinuk nya di aktipkan ?”

dengan sangat percaya diri menjawab “gak tau, gak inget, lali aku”

trus om Ozzie terdiam beberapa saat

abis itu dia ngetik lagi nih “webminnya dah bisa di konek”

langsung call ke webmin file server, ops ternyata dah bisa konek, pake protokol https lagi🙂

“di config apa nya nih ?’

om Ozzie cuma jawab pake emoticon “jangan bilang siapa2”

penasaran oprek sendiri

ambil koneksi SSH pake puty ke server file

ternyata om Ozzie mengubah file config SELinux nya

file config SELinux ada di

/etc/selinux/config


tujuannya adalah menonaktipkan SELinux

bagian yang di ubah menjadi

SELINUX = enforcing


atau untuk mendisable Selinux dengan

SELINUX=disable


ternyata masalah dari firewall nya adalah SELINUX Nya … aktip

yo wes kalo SELINUX ga aktip ga ada problem remote

Thanks om Ozzie :))

Published by

G3n1k

just to remember what i had known :)

4 thoughts on “disable SELinux (firewall), Fedora 10”

  1. Cannot retrieve repository metadata(repond.xml)for repository:fedora.please verify its path and try again

    ——————————————————————————–
    [Translate]

  2. saya ingin buat server samba dari fedora 10,tapi ada problem yaitu tidak bisa di install dan konfigurasi,tolong dong sarannya?
    pas saya ketik script #yum install samba yang keluar seperti dibawah ini

    Loaded plugins:refresh-packagekit
    could not retrieve mirror list http://mirrors.fedoraproject.org/mirrorlist?repo=fedora-10 &arch=i386was
    [Errno4] IO Error :
    Error:Cannot retrieve repository metadata(repond.xml)for repository:fedora.please verify its path and try again

    ——————————————————————————–
    [Translate]

  3. mas tempat saya sudah DISABLE tapi kok tetep gak bisa di remote ya? atau matiin firewallnya via command dmana ya?
    thanks brother

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s