Setting HP Smart D1200P, OS Backtrack 4, WVDIAL + GNOME PPP

Beberapa hari ini asik dengan OS baru si BT4, selama menggunakan OS ini gw selalu terhubung dengan Hotspot, dan BT4 sangat mendukung untuk pengaturan Network nya (Great).

Hanya saja, saat dirumah gw biasa online pake HP SMART D1200P, biasanya gw pake koneksi dial-up ini di WinXPsp2OS, karena sewaktu gw beli, Driver dari vendornya hanyalah untuk WinXP, dan sewaktu gw tanya sama spg + spb nya dia gak bisa dijalanin di Linux.

Hm… sedikit ragu juga untuk mencoba dial-up di Linux pake HP SMART ini, tapi karena gw udah ngerasa cocok banget sama si BT4, gw mau bersusah payah mencoba hehehehe….

Googling ke sono sini gw menemukan link yang bagus

http://awangga.wordpress.com/2009/01/10/setting-koneksi-internet-smart-haier-mobile-d1200p-sebagai-modem/

setelah dicoba, settingannya berhasil, Acer Travel Mate dengan BT4 bisa koneksi ke Internet dengan Dial-up Haier D1200P (Hore…hehehe)

tapi ada beberapa hal yang tidak gw suka, salah satunya harus membuka SHELL command dan membiarkannya terbuka, dan untuk disconect kita cukup menutup SHELL Command tadi. sepele sih tapi kalo lagi maen SHELL, trus tambah satu jendela SHELL lagi rada malay rasanya, yah ini relatip tergantung orang sih hehehhe

seinget gw, di Linux  gw pernah lihat ada aplikasi GUI untuk memanage koneksi dial-up, tapi itu udah lama beuth dan gw ga inget nama OS nya sama nama Aplikasi nya.

Coba buka System -> Add/Remove Package Manager

browsing pake kata WVDIAL dan gw nemu Aplikasi GNOME-PPP.

Ok, coba install aplikasi GNOME-PPP ini. seinget gw gak terlalu gede aplikasinya cuma sekitar 150KB.

setelah GNOME-PPP terinstall, buka aplikasi, Pada BT4, GNOME-PPP masuk ke folder Internet.

owh ternyata gw masih harus config GNOME-PPP ini, untung nya udah sempet utak-atik configurasi WVDIAL dengan manual jadi pas ngeliat ini gw gak teralalu bingung (hheheheh)

catatan: pertama kali yang harus dilakukan adalah mencari dimana usb Haier D1200P berada

periksa setiap port usb dengan perintah #lsusb

biasanya memiliki id ID 15eb:0001

lakukan pengaitan USB d1200p denfan perintah #modprobe usbserial vendor=0x15eb product=0x0001

lakukan pengecekan dengan menggunakan perintah #dmesg | tail

tetapi, biasanya saya hanya menggunakan perintah #modprobe

gambar konfigurasi GNOME-PPP

Username: smart

Password: Smart

checklist remember password

masukan phone number : #777

klik tombol setup, pada tab Modem isikan nilai2 ini:

Device:  /dev/ttyUSB0

Type: USB Modem

speed: 230400

Dial Prefix: #777

pada tab Networking isikan nilai2 ini:

Dynamic Ip address & Automatic DNS

pada tab Options isikan nilai2 ini:

optional tapi cukup membantu untuk pengotomatisan

tekan close dan lakukan dial..NOtE:GNOME-PPP ini tidak menyelesaikan masalah bug yang terjadi pada linux + d1200p, tetapi cukup untuk mempermudah pengotomatisansebelum hal ini dilakukan, saya telah melakukan config untuk WV-DIAl jadi kita memang harus juga melakukan configurasi manual

Published by

G3n1k

just to remember what i had known :)

Leave a Reply

